mengenalkan islam sejak dini pada anak

esensi buku

Judul buku : Buku Pintar Anak Sholeh
Penulis : M. Thobroni
Penerbit : Lafal Indonesia, Yogyakarta
Cetakan : Pertama, Agustus 2009
Tebal buku : 144 halaman

Setiap orang tua muslim pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang sholeh di kelak kemudian hari. Maklum, orang tua yang memiliki anak sholeh ibarat memiliki tabungan atau aset cukup berharga baik ketika di dunia maupun di akherat nanti. Sebab anak sholeh akan menjadi kebanggaan bagi keluarga; patuh pada Allah dan orangtua. Di akherat nanti, anak yang sholeh itu pun bisa menolong orangtuanya karena “amalan dan doa” dari anak sholeh itu –sebagaimana diungkapkan dalam sebuah hadits– akan terus mengalir meskipun orangtuanya sudah meninggal dunia.

Untuk mewujudkan harapan itulah, orang tua dituntut untuk mengenalkan sejak dini pada anak tentang ajaran Islam. Dengan cara menanamkan ajaran Islam sejak dini itu, pengetahuan, wawasan dan ilmu keIslaman akan lebih melekat dan meninggalkan jejak di hati. Karena momori atau ingatan anak kecil akan gampang mengingat pelajara atau materi (agama), dibandingkan ketika anak itu sudah beranjak dewasa. Pengenalan ajaran Islam sejak dini itu tentu menjadi bekal bagi kehidupan si anak di kemudian hari.

Buku Pintar Anak Soleh ini merupakan sebuah “buku sedehana dan praktis” yang memang disiapkan untuk mengenalkan sejak dini pada anak tentang ajaran Islam yang berisi beragam pengetahuan ajaran Islam mulai paling mendasar yang wajib diketahui oleh anak. Pelajaran mendasar yang wajib dikehui itu antara lain; asmaul husna, sifat-sifat wajib Allah, seputar al-Qur`an, nama-nama nabi/rasul, rukun iman, rukun Islam, soal bersuci, hukum dalam Islam hingga sejarah Wali Songo yang telah dicatat sejarah sebagai penyebar Islam di tanah Jawa.

Meski buku ini tak mengupas dengan detail, upaya pengenalan Islam sejak dini pada anak dengan mengajarkan hal-hal paling mendasar sebagaimana dikupas penulis dalam buku ini, setidaknya dapat mengantarkan anak tumbuh besar menjadi anak yang sholeh dan cerdas. Karena buku ini, sedari awal memang dimaksudkan menjadi sahabat bagi anak dalam mengenal ajaran Islam.

Di sisi lain, meski pun buku ini tidak cukup detail mengupas ajaran Islam karena buku ini cukup sederhana dan simpel, tetapi buku ini bisa menjadi buku inspiratif yang akan mematik kesadaran anak untuk membuka buku-buku induk yang berbicara tentang tema yang sama. Dengan kata lain, buku ini bisa menjadi pintu masuk untuk membawa sang anak menjadi haus akan ilmu agama Islam.

Sayang, buku sederhana yang ditujukan untuk mendampingi anak menjadi anak sholeh ini ditulis dengan gaya bahasa yang kurang menjiwai kemampuan anak. Dengan kata lain, bahasa yang ditulis masih tergolong berat bagi sang anak. Tapi hal itu tak akan menjadi kendala atau masalah sebab orangtua yang mendampingi anak akan membantu untuk menerangkan lebih detail dan gamblang jika anak bertanya lebih jauh. Di sisi lain, buku ini dilengkapi cara jitu bagaimana melatih anak agar rajin mengerjakan shalat dan puasa.

Tak salah kalau buku ini sepatutnya dimiliki orangtua jika memang menghendaki anak yang dilahirkan kelak akan menjadi anak sholeh dan cerdas. (n. mursidi, blogger buku terbaik dalam Pesta Buku Jakarta 2008)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: